(IT-POWER) Mendengar kata sabun mandi sangat tidak asing bagi kita karena setiap hari kita gunakan, dan pernah nggak anda membayangkan untuk mempunyai sabun buatan sendiri, sebenarnya dengan membuat sabun sendiri kita bisa tahu apa saja kandungan yang ada dalam sabun tersebut. Sabun mandi di pasaran ada yang memakai bahan dasar SLS (Sodium Lauryl Sulfate), nah.. SLS ini adalah bahan yang dipakai untuk membuat detergent. SLS disebut juga surfactant (agen pembersih). Dan jangan lupa ….. SLS juga dipakai untuk bahan pembersih lantai.
Beberapa Alasan Memakai Sabun Mandi Sendiri:
  1. Sabun buatan sendiri bukan hanya membersihkan, karena minyak mengandung sekitar 25 % gliserin. Perlu diketahui minyak di pisah menjadi asam lemak dan gliserin. Di industri dalam pembuatan sabun menggunakan asam lemak sedangkan gliserinnya di jual terpisah karena harganya lebih mahal. Akibatnya sabun industri dapat membuat kulit menjadi bersisik / kering bila digunakan untuk mandi. Fungsi gliserin bisa melembabkan dan melembutkan kulit, juga menyejukkan dan meminyaki sel-sel kulit.
  2. Kwalitas sabun buatan sendiri dapat melebihi sabun yang di beli di Pasaran, tentu harganya lebih murah buatan sendiri.
  3. Dengan membuat sendiri anda bisa mendapatkan apa yang diinginkannya, baik bahan pengisi, bahan tambahan, bentuk, warna, dan wanginya.
  4. Membuat sabun sendiri sangat menyenangkan dan penuh kreatifitas.
  5. Yang pasti membuat sabun mandi itu mudah loooo

Di beberapa negara Eropa dan Rusia banyak terdapat “Bengkel Sabun” atau Show Soap. Bengkel sabun ini semacam home industri yang memperlihatkan kepada pemesan / pengunjungnya untuk melihat langsung bagaimana proses pembuatan sabun mulai dari awal sampai menjadi sabun mandi. Rempah-rempah yang disediakan banyak sekali macamnya dan setiap rempah mempunyai kasiat bagi tubuh maupun kulit. Pemesan tinggal memilih rempah-rempah yang mana, untuk dimasukkan ke komposisi sabun ( Sumber dari teman yang pernah tinggal di Rusia tepatnya di Moskow ). Dari bahan-bahan pembuat sabun tersebut, banyak bahan dari rempah-rempah yang khusus didatangkan dari luar negara itu.

Berikut merupakan resep dari beberapa macam sabun, antara lain :

1. SABUN MANDI NETRAL
2. SABUN MANDI REMPAH
3. SABUN MANDI SUSU
4. SABUN BODY SRUB
5. SABUN MANDI TRANSPARAN
6. SABUN MANDI CAIR

1. SABUN MANDI NETRAL

Sabun natural, memakai lima jenis minyak yang sangat bermanfaat untuk kulit, antara lain minyak zaitun, minyak kedelai, minyak kelapa, minyak sawit dan minyak castor, plus sedikit beeswax (lilin madu). Untuk aromanya ditambahkan Vanilla fragrance, warna coklat adalah warna alami yang keluar dari sabun itu sendiri.

Sabun natural juga mengandung gliserin alami yang sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit, mencegah kulit menjadi kering. Anda tidak perlu memakai hand body lotion lagi, karena dengan memakai sabun natural kulit halus sepanjang hari…..

Pembuatan sabun natural memakai resep sederhana :

…………………… ?
…………………… ?

Teknik pembuatannya :

…………………… ?

…………………… ?

2. SABUN MANDI REMPAH

Indonesia terkenal dengan kaya rempah-rempahnya. Akibat dari itu semua Indonesia pernah di jajah oleh Portugis, Belanda dan Jepang, untuk mengambil rempah-rempah untuk dipakai sendiri dan selebihnya dijual ke negara-negara yang membutuhkannya. Khususnya Belanda hasil dari penjualan rempah-rempah digunakan untuk membendung laut dan membangun negaranya. Inilah sekelumit sejarah bangsa Indonesia, betapa dahsyat harga dan nilai rempah-rempah

Manfaat rempah selain untuk bidang tata boga, kesehatan juga untuk bidang kecantikan ( kosmetik ). Rempah-rempah di bidang kecantikan banyak sekali manfaatnya diantaranya lulur, penghilang bau badan, melangsingkan tubuh dll.

Khusus untuk sabun mandi rempah, kasiat rempah untuk mengencangkan, penghalus dan pembersih kulit serta penghilang bau badan. Rempah-rempah ini banyak tumbuh di sekitar kita sehingga mudah di dapat / ditemukan. Rempah-rempah yang terdapat di sabun sebagai bahan tambahan dan mempunyai keunggulan dari sabun itu sendiri.

Memasukan bahan rempah ke sabun mandi ada dua cara yaitu rempah yang dikeringkan kemudian digiling menjadi serbuk atau rempah-rempah itu di iris kecil-kecil kemudian direbus dan disaring dengan kain halus untuk diambil cairannya saja.

Tepung jagung merupakan pilihan terbaik untuk membantu sabun membuka pori-pori di kulit, lantas membersihkan minyak berlebih di kulit. Butiran tepung jagung mampu “menggaruk” ( Scrub ) kotoran dan minyak dari permukaan kulit.

Komposisi pembuatan sabun mandi rempah :

…………………… ?
…………………… ?

Peralatan yang dibutuhkan : Wadah, Termometer dan pengaduk

Prosedur pembuatannya :

…………………… ?

…………………… ?

3. SABUN MANDI SUSU

untuk Perawatan Kulit Wajah & Badan, Bahan-bahan alami : Susu Sapi, Minyak Zaitun & Madu, sabun mandi susu yang terbuat dari susu sapi murni ditambah dengan minyak zaitun dan madu yang mampu memberikan perawatan kulit wajah dan seluruh tubuh secara maksimal. Perpaduan bahan alami ini menjadikan produk sabun susu cocok untuk semua jenis kulit. Sabun ini berkhasiat menghilangkan jerawat dan flek-flek hitam di wajah apabila digunakan secara teratur.

Sabun mandi dari susu sapi ini mengandung bahan pelembab alami yang bekerja aktif menjaga kesegaran kulit sepanjang hari. Kulit terasa kesat namun dapat mengurangi kekeringan hingga tahap maksimal. Bagi anda yang sensitif terhadap sabun mandi biasa, bisa mengandalkan produk ini demi menjaga kecantikan kulit anda. Gunakan selalu sabun susu sapi ini sebagai alat pembersih dan kecantikan kulit anda. Rasakan kenikmatan mandi susu secara maksimal setiap hari di setiap aktifitas anda.

RESEP 1

Bahan-Bahan yang dibutuhkan :

…………………… ?
…………………… ?

Alat-alat yang dibutuhkan :

1. Sebuah masker sederhana – Dipakai selama pembuatan larutan NaOH / KOH saja.

2. Kacamata – Dipakai selama pembuatan larutan NaOH / KOH saja.

3. Sepasang sarung tangan karet – Dipakai selama pembuatan sabun.

4. Botol plastik – Untuk wadah air.

5. Timbangan dapur (dengan skala terkecil 1 atau 5 gram).

6. Kantong plastik kecil – Untuk menimbang NaOH/KOH.

7. Sendok stainless steel atau plastik-polipropilen – Untuk menuangkan NaOH / KOH dan mengaduknya.

8. Wadah dari gelas atau plastik-polipropilene – Untuk tempat larutan NaOH/KOH dengan air.

9. Wadah dari plastik – Untuk menimbang serta tempat air dan minyak.

10. Kain – Untuk menutup cetakan setelah diisi sabun.

11. Plastik tipis – Untuk melapisi cetakan.

12. Cetakan.

13. Blender dengan tutupnya.

14. Kain – Untuk menutup blender.

Cara pembuatan :

…………………… ?

…………………… ?

RESEP 2

…………………… ?
…………………… ?

Cara Membuat :

…………………… ?

…………………… ?

Keterangan :

Soda api 38 Be adalah campuran soda api dan air dengan perbandingan 500 gram : 1 liter air untuk mengukur soda api 38 Be dengan alat beaume meter/ Be. Perbandingan larutan 39 Be ini selama 48 jam, agar tidak gatal bila mengenai kulit.

4. SABUN BODY SRUB

Untuk pembuatan body srub banyak pilihan bahan yang bisa dipakai seperti bubuk kopi dan oatmeal. Bahan tersebut berfungsi sebagai exofoliating (pengelupasan sel – sel kulit yang mati). Sebenarnya gak ada rumusan baku tentang bahan pembuat body scrub, namun resep di bawah ini murni dari ide saya sendiri;

Bahan- bahan yang diperlukan antara lain :

…………………… ?
…………………… ?

Cara membuatnya :

…………………… ?

…………………… ?

5. SABUN MANDI TRANSPARAN

Sabun transparan tak sekedar sabun mandi biasa. Jika dilihat dari penampilannya, sabun transparan ini terkesan sabun eksklusif dan menarik. Apalagii bila dicetak menjadi bentuk yang unik dan lucu, dapat dijadikan untuk souvenir pernikahan atau sabun hotel.

Khusus untuk souvenir pernikahan, sabun transparan ini dengan kreatifitas, didalamnya sabun transparan dapat di beri sesuatu benda, khususnya benda yang berbentuk huruf. Maksudnya huruf pertama dari masing-masing nama pengantin, misalnya yang menikah Sugeng……dan Marisca….., maka huruf pertama dari masing-masing pengantin “S & M”. Huruf “S & M” ini dimasukkan didalam sabun transparan tersebut.

Cara memasukkan kedua huruf tadi, tuangkan cairan sabun yang baru dibuat didalam cetakan, cukup setengah dari cetakan sabun, tunggu sampai sabun agak mengeras, selanjutnya letakkan kedua huruf tadi diatas sabun agak ditekan sedikit agar kedua huruf sedikit terbenam, tunggu sampai semalam, sabun akan mengeras dengan sendirinya. Kemudian kita membuat lagi sabun transparan bisa dengan warna yang berbeda, tuangkan lagi cairan sabun tersebut kedalam cetakan yang ada hurufnya tadi hingga memenuhi cetakan. Dengan demikian kedua huruf tadi ttidak akan tergeser oleh tuangan sabun yang kedua. Tunggu semalam lagi ( total 2-3 hari ) sehingga sabun akan mengeras. Kemudian angkat sabun transparan ini dari cetakan.

Atau kita membuat sabun transparan dengan penampilan warna-warni. Caranya sama seperti cara diatas tunggu sabun mengeras kemudian tuangkan sabun yang baru dibuat dan ini bisa lebih dari dua warna. Kemudian di kemas plastik atau kemasan yang transparan sesuai dengan kreatifitas anda.

Komposisi pembuatan sabun transparan:

…………………… ?
…………………… ?

Peralatan yang dibutuhkan : Wadah, pengaduk kayu, kompor dan termometer ( Rp. 20.000an aja )

Cara Membuat Sabun mandi Transparan:

…………………… ?

…………………… ?

Catatan:

- Hasil sabun PH sekitar 9 ( Standar PH 8-10) atau untuk menurunkan PH dengan menambahkan asam stearat, tektur sabun halus, busanya banyak, tingkat kekerasannya standar seperti sabun pada umumnya.

- Untuk cetakan sabun kita bisa menggunakan cetakannya agar-agar atau kita membuat cetakan sendiri ataupun pesan cetakan sabun pada yang ahlinya dengan cetakan yang unik.

6. SABUN MANDI CAIR

Keberadaan sabun mandi cair sedikit banyak telah menggeser sabun mandi padat. Jika dilihat dari harga, sabun mandi cair ini harganya lebih mahal dibanding sabun mandi padat. Hal ini disebabkan sabun mandi cair tersedia dalam bentuk kemasan sejenis botol. Harga kemasan inilah yang menyebabkan harga sabun mandi cair lebih mahal.

Sabun mandi cair merupakan produk yang strategis, karena saat ini masyarakat modern suka prodak yang praktis dan ekonomis.Untuk mengawali bikin sabun cair cukup mudah dengan mengetahui sifat dan fungsi masing-masing bahan sabun cair dan cukup dengan modal awal 100.000 rupiah bisa menghasilkan lebih dari 30 liter sabun cair kwalitas baik..

Mengapa sebagian orang beralih ke sabun mandi cair ? Kelebihan sabun mandi cair bila dibanding dengan sabun mandi padat, diantaranya sebagai berikut:

1. Praktis, karena sabun mandi cair tersedia dalam bentuk kemasan botol, sehingga dapat mudah di bawah kemana-mana.

2. Mudah larut di air ( bathtub ), lalu di obok-obok sebentar langsung berbusa dan digunakan untuk mandi berendam.

3. Mudah berbusa dengan menggunakan spon kain, dengan begitu dapat menghemat sabun mandi cair.

4. Kesehatannya (kontaminasi terhadap kuman bisa dihindari) bisa menjamin bila dibandingkan sabun mandi padat yang dipegang banyak orang alias dipakai ramai-ramai.

RESEP 1

Komposisi sabun mandi cair :

…………………… ?
…………………… ?

Peralatan yang dibutuhkan : Wadah, pengaduk , pemanas dan termometer

Cara Pembuatan Sabun Mandi Cair :

…………………… ?

…………………… ?

RESEP 2

…………………… ?
…………………… ?

Peralatan yang dibutuhkan: Ember, Gelas ukur dan pengaduk kayu

Cara membuat :

…………………… ?

…………………… ?

Catatan:

* Pemberian parfum pada sabun cair dengan perbandingan 1ml parfum berbanding 500 ml sabun cair.

* Propilin glikol berbanding parfum ( 1 : 2 )

Analisis Bahan

Texapon ini nama merk dagang dengan nama kimia Sodium Lauril Sulfat ( SLS). Senyawa ini adalah surfaktan. Texapon ini bentuknya jel yang berfungsi sebagai pengangkat kotoran. Sodium sulfat (Na2SO4) bentuknya serbuk yang berfungsi mempercepat pengangkatan kotoran dan juga sebagai pengental. Camperlan ini bentuknya cairan kental yang berfungsi sebagai pengental dan penambah busa menjadi gelembung-gelembung kecil. Asam sitrit bentuknya serbuk yang berfungsi sebagai pengangkat lemak. EDTA ini bentuknya serbuk berfungsi sebagai pengawet sabun cair. Parfum ini bentuknya cair fungsinya sebagai pewangi sabun cair. Propilin glikol ini bentuknya cair fungsinya sebagai pengikat parfum. Pewarna ini bentukya serbuk fungsinya sebagai pemberi warna pada sabun cair.

Biaya Operasional

Untuk memasarkan suatu produk ke masyarakat harus diperhitungkan biaya produksinya

untuk mengetahui keuntungan suatu produk dalam setiap kemasan atau liternya. Biaya operasional untuk sekali produksi di antaranya meliputi:

1. Biaya bahan per liter atau per kemasan dgn rumus = total biaya pembelian bahan di bagi jumlah berapa liter atau kemasan yang dihasilkan.

2. Biaya kerja per liter atau per kemasan.

3. Bila dalam bentuk kemasan dihitung biaya kemasan dan stikernya.

4. Biaya penyusutan alat artinya peralatan yang digunakan akan di ganti berapa lama untuk membeli peralatan baru

5. Biaya promosinya

6. Biaya transportasi

Dari komponen-komponen biaya operasional dijumlahkan kemudian ditambah laba setiap kemasan atau liternya, sehingga kita akan mengetahui berapa keuntungan dalam setiap kemasan atau liternya.

Kiat-kiat pemasaran

Pemasaran merupakan ujung tombak dari suatu usaha baik dalam bentuk produk maupun jasa. Sebaik apapun suatu produk jika pemasarannya mlempem akan tidak berkembang. Ada beberapa jurus yang dapat kita gunakan:

1. Percaya dan bangga terhadap produk yang kita pasarkan.

2. Paham dan mengerti tentang produk tersebut.

3. Buat kartu nama, kop surat dan brosur produk dan perusahaan yang menarik dan mencerminkan citra profesional.

4. Tampilkan kesan pertama yang baik.

5. Biasakan membawa kartu nama dan brosur perusahaan kemanapun anda pergi, untuk di perlukan sewaktu-waktu.

6. Pelajari karakter konsumen yang akan menjadi target pasar produk.

7. Buat jaringan kerja atau network dimanapun, untuk menambah panjang relasi anda.

8. Sabar, disiplin da konsisten.

Cara pembuatannya memang tidak kami tampilkan detai, Jika anda tertarik mendapatkan E-BOOK versi lengkapnya, konfirmasi kami via Comment pada bagian bawah artikel ini, dengan menyertakan alamat e-mail aktif dan No HP anda, nanti akan kami konfirmasi ulang ke alamat e-mail atau no HP anda (data pribadi anda akan tejaga kerahasiaannya) comment yg berisi data pribadi tidak akan kami publikasikan, harga resep per produk Rp. 50.000

SELAMAT MENCOBA, SALAM SUKSES