Gambar untuk submit URL to Search EngineSaya sendiri sangat bersyukur bahwa blog saya ini sudah terdaftar di google dan yahoo dalam waktu kurang dari 24 jam sejak pertama kali dibuat.” Coba periksa website/blog Anda apakah sudah terindeks google dan search engine lain? Masukkan URL Anda di google (misalnya: http://website_name.com). Adakah?

Apakah sudah ada? Jika website Anda belum ada dalam hasil pencarian, ada teknik-teknik agar halaman Anda terindeks search engine.

Teknik tersebut adalah:

  1. Buat link pada halaman yang sudah terindeks search engine ke arah website kita yang baru. Profil kita di friendster (misalnya: “www.friendster.com / okam” adalah contoh yang bagus untuk membuat link ke arah blog atau website kita. Karena biasanya halaman ini telah terindeks search engine. Semakin tinggi posisi halaman tersebut dalam search engine (PageRank) berarti semakin cepat webiste baru kita terindeks.
    • Anda bisa mengontak teman Anda yang blognya sudah terindeks search engine untuk memasang link kepada Anda.
    • Jika profil / blog Anda di friendster / multiply sudah terindeks, Anda bisa pasang link di profil Anda tersebut.
    • Rajin mengisi blog Anda. Google analytic yang merupakan plug-in wordpress akan selalu memantau aktivitas Anda.
  2. Submit manual melalui URL berikut (GRATIS):
  3. Submit URL yang bayar:
  4. Sebelum Anda men-submit URL website Anda, pastikan:

Setelah Anda submit URL Anda, tunggulah dengan sabar. Kalau beruntung website Anda akan terindeks dalam waktu kurang dari 24 jam, kalau tidak beruntung Anda harus menunggu 3 bulan, bahkan mungkin aplikasi Anda tidak diterima Search Engine. Anda bisa submit ulang jika dalam waktu 3 bulan website Anda belum muncul dalam search engine.

Apa yang harus dilakukan selama menunggu? Membangun link. Bisa jadi tiba-tiba website Anda nongol bukan karena submit manual, tetapi karena link dari website lain. <tutorialgratis.net> <IT-POWER>

Selamat mencoba.