Lihat Gambar

Akanlah sangat bagus jika kondisi pencahayaan ketika pengambilan foto selalu dalam keadaan optimal, namun pada kenyataannya tidak selalu begitu. Tidak seperti kamera dengan film 35mm atau kamera digital yang punya setting manual, kamera dari ponsel tidak dilengkapi dengan dengan kontrol yang melimpah untuk melakukan manipulasi pada lensa untuk menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan. Dengan dasar tersebut, maka Anda harus melakukan suatu penyesuaian tersendiri untuk menghadapi kondisi pencahayaan yang tidak ideal.

Hindari cahaya yang kurang

Kamera ponsel secara otomatis akan menyesuaikan kecepatan shutter berdasarkan jumlah cahaya yang tersedia, karena itu sulit untuk menangkap gambar secara detail pada lingkungan dengan pencahayaan rendah. Mengambil foto pada lingkung yang lebih bercahaya akan meningkatkan kecepatan shutter dan hasilnya hasil foto akan lebih tajam. Prinsipnya di sini yaitu semakin banyak cahaya yang tersedia, makin tajam pula foto yang dihasilkan. Bahkan pada ponsel yang dilengkapi dengan flash akan hanya sedikit membantu karena jangkuannya hanya sekitar 60-90 cm, dibandingkan dengan jangkauan 3 sampai 4,5 meter yang dihasilkan oleh kamera digital kelas menengah.

Sesuaikan level brightness

Jika gambar yang tampak pada layar ponsel Anda tampak terlalu gelap atau terang, coba atur level brightness sebelum melakukan pemotretan. Sambil melakukan pengaturan, Anda langsung bisa melihat perbedaannya pada layar, terutama ketika sedang mengambil gambar dari objek dengan elemen yang berwarna cerah.

Mengatur white balance

Pada beberapa kasus, bukan hanya pencahayaan cukup yang perlu diperhatikan tapi juga seperti apa tipe cahaya yang didapat. Dalam hal ini, penyesuaian white balance dapat meningkatkan kualitas hasil foto Anda. Fotografer berpengalaman akan menggunakan kartu putih polos dan abu-abu untuk membantu menentukan white balance. Tapi tidak semua orang punya niat dan waktu untuk melakukan prosedur semacam ini. Untuk itu, Anda tinggal memastikan pengaturan white balance ke Auto. Tetapi jika setting tidak begitu bekerja dengan baik pada kondisi pencahayaan tertentu, Anda dapat melakukan teknik yang sama seperti yang dilakukan para profesional:
– Tempatkan selembar kertas atau kartu berwarna putih di depan Anda.
– Masuk ke dalam mode pengambilan foto.
– Lihatlah kertas atau kartu putih itu melalui layar.
– Jika kertas atau kartu tersebut nampak melenceng dari warnanya (misal terlalu kuning atau merah), masuk ke setting white-balance ponsel Anda, atur sampai kertas atau kartu itu nampak seputih mungkin.

Hindari cahaya dari depan

Sebelum mengambil foto, lihatlah dulu dari mana sumber cahaya datang. Ketika sumber cahaya ada di belakang objek foto Anda, maka bidikan Anda akan terlihat terlalu gelap, hampir seperti sebuah siluet. Kamera dengan pengaturan lampu flash yang cukup dapat mengatasi hal ini, tetapi kamera ponsel bahkan yang dilengkapi dengan lampu flash, tidak punya fasilitas itu. Kecuali kalau memang tujuannya agar objek Anda nampak seperti siluet, yang paling bagus mengambil posisi di mana cahaya datang dari belakang Anda, bukan objek Anda.

Mendekatlah ke objek

Kamera ponsel menggunakan lensa dengan fokus yang tetap, dan panjang fokus (jarak antara titik tengah optik dari lensa dan tempat di mana gambar dapat diambil secara fokus) yang sangat pendek. Sebagai contoh untuk LG VX6000 punya panjang fokus 3,3mm, sedangkan pada kamera dengan lensa 35mm, punya panjang fokus 50mm. Hal ini berarti pada kamera ponsel tetap dapat menangkap gambar dalam jangkauan yang luas tapi tidak bisa tajam. Jika objek terlalu jauh, makan akan terlihat sangat kecil. Paling bagus jika objek yang Anda bidik sekitar 90-120 cm di depan kamera ponsel Anda.

Jangan gunakan zoom

Pembuat kamera ponsel seperti pembuat kamera digital, suka melengkapi produk mereka dengan digital zoom. Tapi kamera digital paling tidak masih punya fasilitas optical zoom, yang mana benar-benar menggunakan optik dari lensa untuk membuat objek terlihat lebih dekat, tapi kamera ponsel benar-benar hanya terpaku pada digital zoom, itupun kalau ada. Mendapat panjang fokus yang terbatas, Anda mungkin akan tergoda untuk menggunakan digital zoom untuk memotret objek yang jauh. Hasilnya, bukan saja kualitas foto akan berkurang, tetapi Anda hanya dapat menggunakan fasilitas ini hanya ketika resolusi kamera ponsel Anda berada dalam resolusi rendah. Itu berarti hasil foto akan berukuran kecil. (cnet/cax/ apry pi-m)